Mau Pakai Atap UPVC? Kenali Dulu Kekurangan dan Kelebihannya Berikut Ini

Simak Kekurangan dan Kelebihan Penggunaan Atap UPVC

Atap kini tersedia di pasaran dengan berbagai pilihan bahan dan bentuk. Salah satu atap yang sedang naik daun adalah atap UPVC. Atap ini punya beberapa karakteristik yang berbeda dengan bahan atap lainnya. Atap ini juga memiliki berbagai kelebihan dan kelemahan dari atap jenis ini. Bagi Anda yang ingin tahu tentang kelebihan serta kelemahan dari produk ini, bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.

1. Kelebihan dari Pemakai Atap Jenis UPVC

Anda sering mendapati ruangan atau tempat tinggal Anda terasa panas. Anda bisa menggunakan atap UPVC seperti atap Alderon. Atap ini punya baja yang bisa menutup bagian atas rumah dengan baik dan bisa mengurangi efek panas dari terik matahari. Alderon atap UPVC dapat memberikan udara dingin dan sejuk pada rumah Anda. Penggunaan Alderon dengan kelebihan ini tentu sangat pas untuk Anda.

Anda mungkin merasa cemas dengan perubahan cuaca, yang kerap kali terjadi di Indonesia. Pasalnya, perubahan cuaca dapat merusakkan ketahanan dan kualitas dari atap rumah Anda. jika Anda menggunakan atap UPVC, Anda tidak perlu merasa khawatir pada suhu cuaca yang seringĀ  mengalami perubahan.

Atap UPVC dari segi ketahanan, atap ini bisa dibilang cukup tahan sebab atap ini dapat bertahan dari bahan kimia. Dari sisi kesehatan, bahan baku dari atap tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada penggunanya. Hal ini tentu sangat sesuai apabila digunakan untuk atap rumah keluarga Anda.

Bahan utama dari atap jenis ini tidak mudah mengalami kerusakan dan tidak mudah terbakar. UPVC punya karakteristik bentuk yang lebih kaku akan tetapi sangat kokoh ketika sudah dipasang. Sebagai bukti kekuatannya. UPVC dapat menanggung beban sampai setengah ton untuk setiap meter perseginya. Kekuatannya ini menjadikan UPVC lebih tahan lama hingga puluhan tahun, sehingga bisa menjaga rumah Anda dengan lebih baik.

Karena dapat bertahan terhadap berbagai penyebab kerusakan pada atap seperti tidak mudah terbakar api, tahan erosi bahan kimia, dan tahan pada perubahan cuaca. Atap ini jadi lebih mudah untuk dirawat. Pemakaian atap ini akan sangat cocok bagi Anda yang mendambakan lingkungan tempat tinggal dengan suasana yang tenang. Sebab, atap ini dapat mengurangi suara berisik dai luar rumah Anda.

 

2. Kekurangan saat Memakai Atap Jenis UPVC

Material ini punya harga yang lebih mahal dari harga atap pada umumnya. Hal ini dikarenakan atap ini menggunakan bahan berkualitas. Bahan atap ini sudah melalui pengujian yang dapat menunjukkan kekuatan dan ketahanan dari atap sudah terjamin.

Dari segi warna, pilihan warna ini sangatlah terbatas. Atap ini hanya menyediakan dua warna yakni warna biru dan putih. Hal ini tentu cukup tidak menyenangkan bagi Anda yang menginginkan atap rumah dengan warna yang indah. Keterbatasan pilihan warna ini menjadikan Anda tidak bisa bereksperimen dengan pilihan warna atap.

Walaupun dikatakan bahan atap ini tidak mudah menyebarkan3 api. Bahan ini tetap bukan material tahan api. Jadi, atap ini tetap akan mengalami kerusakan akibat terkena api, tetapi tingkat kerusakan dan penyebaran apinya tidak akan separah beberapa material atap lainnya.

Dari bacaan di atas dapat dipahami bahwa kelebihan dari atap UPVC sangat baik untuk menjaga kondisi rumah Anda, serta tidak mudah rusak. Kelemahannya ada pada harga, pilihan warna yang terbatas, dan kerusakan karena api. Jadi, Anda sebaiknya bijak dalam memilih atap rumah untuk keluarga Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *