Kendala dan Solusi Pemasangan Pintu Geser

Ada banyak cara loh, untuk menghemat ruangan jadi walaupun Anda punya rumah yang mungil, tetap terasa lapang. Salah satunya adalah dengan menggunakan pintu geser. Ada banyak jenis pintu yang dibuka dengan cara digeser ini dari berbagai material seperti pintu geser kaca, tempered glass, kayu atau aluminium. Model yang digeser ini cocok menggunakan berbagai material asalkan sesuai dengan penempatannya. Bahan kaca cocok untuk outdoor, sedangkan pintu berbahan kayu lebih cocok untuk bagian partisi dalam rumah. Apapun materialnya, pastikan dipasang dengan benar dan tanpa masalah.

Kendala Pemasangan Pintu Geser Dan Solusinya

Kendala Pemasangan Pintu Geser

Penggunaan pintu geser cukup mudah dan hemat ruang kala dibuka atau ditutup. Dari segi desain interior juga merupakan tambahan cantik untuk ruangan. Namun pemasangannya tidak semudah itu. Ada beberapa kendala yang bisa terjadi saat pasang pintu geser atau sliding door yang butuh tenaga ahli agar dapat bisa berfungsi dengan baik. Beberapa masalah pemasangan yang perlu diperhatikan adalah

1. Ukuran Rel TIdak Pas

menggeser pintu perlu ada rel untuk dipakaikan roda agar pintu dapat mudah dibuka dan tutup. Ukur bagian atas lubang pintu dan seharusnya dilebihkan beberapa cm agar ada rongga yang cukup untuk pintu dapat lalui. Selain itu perlu ada sedikit celah antara pintu dan lantai dasar. Bisa saja ukuran sudah sesuai namun lupa untuk menambahkan agar rongga bisa menampung pintu. Bila masalah pemasangan sudah dimulai dari ukurannya, maka Anda harus menunggu untuk pengukuran ulang dan baru melakukan pemasangan.

2. Tidak Kuat Pemasang Pintu

Pintu sudah dibeli dan rel sudah diukur dengan tepat dan dipasang. Kini tinggal memasang pintu pada rel. Proses pemasangan pintu pada ke rel roda bagian atas bisa sulit dilakukan. Pintu terlalu berat diangkat sendiri, terutama bila harus memasukan roda pula kedalam rel. Pemasangan setidaknya membutuhkan tenaga dua orang atau lebih agar pemasangan bisa tepat,

3. Pintu Keluar Rel

Jangan lupa untuk pasang pembatas berbentuk bantalan di ujung rel. Bila Anda lupa untuk memasang pembatas maka ada kemungkinan roda pintu dapat keluar rel dan perlu tenaga extra untuk mengembalikannya ketempat semula. Cara buka pintu yang terlalu keras pun dapat membuat pembatas lepas dan pintu kembali keluar rel. Adanya pembatas tersebut juga untuk penutup rel tampak rapi. Pastikan pembatas terpasang dengan kuat dan kokoh dan tidak mudah rusak.

4. Pintu Geser Kelebihan Muatan

Material yang digunakan sebagai bagian tengah rangka pintu geser sebaiknya tidak terlalu berat. Misalkan Anda menggunakan kaca yang sangat tebal, tentu membuka pintu geser jadi lebih riskan akan merusak kaca. Terlebih lagi pintu yang digeser lebih rentan dibandingkan pintu dengan engsel. Beban yang digerakan jadi terlalu berat dan dapat merusak body pintu.

5. Roda Tidak Sesuai

Suatu hal mutlak bagi pintu geser untuk dipasangkan roda pintu yang kuat dan cukup besar. Karena itulah roda dan sekrup pintu geser haris dperiksa minimal tiga bulan sekali untuk memastikan roda dan komponen lainnya aberfungsi baik. Agar roda dapat bergerak baik, maka berikan pelumas untuk mengurangi pengaruh gesekan yang berlebihan.

Penggunaan pintu geser dengan berbagai material jadi tambahan cantik pada ruangan. Selain itu harga pintu geser aluminium, kayu, kaca bervariatif dan dapat disesuaikan dengan ukuran pintu. Gunakan material yang tepat untuk setiap penggunaan jenis pintu ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *